• INVESSION II : Strategi Dan Tantangan Menuju Ekosistem Wakaf Nasional Berkelanjutan

     


      KSEI EKSYS FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan INVESSION (Investment Discussion) yang ke dua dan dilaksanakan pada hari 30 September 2023 dengan mengangkat tema “Strategi Dan Tantangan Menuju Ekosistem Wakaf Nasional Berkelanjutan” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 09.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan yakni Ramdani, S.H.I., M.E.(Dosen Ekonomi Islam FEB UNESA) dan Assoc. Prof. Dr. Setiawan bin Lahuri, Lc, M.A. Lecturer in Department of Shariah Economic Law, Postgraduate Program University of Darussalam Gontor

    Apasih waqaf itu?

    Wakaf merupakan suatu perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah (Pasal 1 UU 41/2004).

    Lalu peran teknologi dalam pengembangan ekosistem waqaf nasional itu apa aja?

    1. BSI Mobile : menjadi sahabat spiritual, social, dan financial anda. Dimana ini bisa memudahkan nasabah untuk menyalurkan dana Wakaf dan terdapat pilihan wakaf.

    2. QRIS : Memudahkan pembayaran dana wakaf di Masjid dan Lembaga ZISWAF sebagai merchant QRIS

    3. Jadiberkah.id : Sebagai market place ZISWAF yang telah bekerjasama dengan 11 lembaga dan 28 Program.

    Apa aja sih tantangan dan juga hambatan dalam membangun ekosistem Waqaf Nasional berkelanjutan di Indonesia?

    Validasi Data Aset Wakaf, Peningkatan Pengumpulan Wakaf Uang, Sertifikasi Tanah Wakaf, Sengketa Tanah Wakaf yang memerlukan mediasi dan advokasi serta ruislag (tukar guling) tanah wakaf yang bermasalah, Kapasitas dan rasa tanggung jawab para nazir dan Pemanfaatan asset wakaf untuk kegiatan ekonomi produktif yang memberi nilai tambah bagi kesejahteraan umat. 








  • 0 komentar:

    Posting Komentar