• Opini mengenai Kesetaraan dan Keadilan di Negara Indonesia dalam Persepektif Islam

    Apakah perempuan dapat memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam berbagai aspek ekonomi, termasuk kepemilikan, kerja, dan kegiatan bisnis saat ini??



            Terkait dengan keadilan dan kesetaraan yang ada dalam konteks perempuan dalam berbagai aspek ekonomi di negara-negara maju maupun negara berkembang  terutama pada negara Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim. Dalam perspektif Islam sebenarnya prinsip keadilan dan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki diakui sebagai bagian integral dari ajaran agama. Namun, implementasi dan praktiknya dapat berbeda-beda di negara-negara yang berbeda, dan bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk budaya, tradisi, kebijakan pemerintah, dan sejarah sosial ekonomi.

            Meskipun ada negara-negara dengan konstitusi atau hukum yang menjamin kesetaraan gender, tantangan dan kesenjangan gender masih ada di banyak tempat. Misalnya, dalam hal kepemilikan, perempuan di beberapa negara masih menghadapi kendala dan batasan hukum dalam mengakses dan mengendalikan aset dan properti mereka. Dalam hal kerja, perempuan di banyak negara masih menghadapi kesenjangan upah, kesulitan untuk mendapatkan posisi kepemimpinan yang tinggi, dan adanya diskriminasi dalam hal peluang kerja dan pengambilan keputusan. Terlebih lagi, perempuan sering menghadapi beban ganda dengan tanggung jawab rumah tangga dan perawatan keluarga, yang dapat membatasi partisipasi mereka dalam kegiatan ekonomi.


            Namun, penting untuk dicatat bahwa ada perubahan yang terjadi dan banyak negara yang berusaha meningkatkan kesetaraan gender dan keadilan dalam berbagai aspek ekonomi. Banyak upaya dilakukan untuk mendorong akses perempuan ke pendidikan, pelatihan, dan kesempatan kerja yang setara. Banyak perempuan juga terlibat dalam berbagai bidang bisnis dan menjadi pengusaha sukses. Meskipun masih ada pekerjaan yang perlu dilakukan, kesadaran tentang pentingnya kesetaraan gender dan keadilan semakin meningkat di banyak masyarakat dan pemerintah.


            Banyak negara dan organisasi internasional berkomitmen untuk mempromosikan hak perempuan dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan adil bagi partisipasi perempuan dalam kegiatan ekonomi. Pada perkembangan ini menunjukkan adanya usaha untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam perspektif Islam, meskipun tantangan masih ada saat ini pasti ada.


    "Jadilah orang yang bermanfaat walau hanya sebatas niat, karena jika allah melihat ada kebaikan pada dirimu, maka allah akan memudahkan kamu berbuat kebaikan."

  • 0 komentar:

    Posting Komentar