• SERIES 2 : Perbankan Syariah di Era Digital

     


     KSEI EkSys FEB UNESA menyelenggarakan Sharia Economic Seminar National KSEI EkSys (SERIES) ke dua pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 yang dilakukan secara daring menggunakan media zoom meeting dengan mengangkat topik “Perbankan Syariah di Era Digital Pemateri yang dihadirkan yakni, Bapak Bani Pamungkas (Branch Manager PT BSI Tbk Area Jakarta) dan Ibu Maryam Bte Badrul Munir S.Pd., M.Si (Dosen Prodi Ekonomi Islam UNESA)


    Tantangan layanan digital Bank Syariah Indonesia(BSI) yaitu meningkatkan market place  Perbankan Syariah di tengah penduduk Indonesia yang mayoritas muslim dalam penggunaan produk Perbankan Syariah yang hanya 6,3%. Perbankan Syariah Indonesia harus dapat merespon kebutuhan masyarakat dengan menciptakan produk yang inovatif, memiliki value yang sesuai dengan prinsip syariah. BSI berkolaborasi dan berkompetisi dengan seluruh aplikasi yang dapat menyediakan layanan finansial, sosial dan spiritual. Produk unggulan dalam BSI yakni ZISWAF, produk ini terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para nasabah. 


    Risiko utama pada Perbankan Syariah yaitu risiko kepatuhan syariah. Yaitu keamanan data yang berkaitan dengan keamanan data nasabah, kegagalan sistem dan juga penyalahgunaan teknologi informasi. Peran mahasiswa yang diharapkan dapat mengimplementasikan dan menjadi agen perubahan dalam syariah yakni mengedukasi kepada para masyarakat tentang apa itu perbankan syariah dan juga para mahasiswa bisa menjadi nasabah perbankan syariah, karena dengan menjadi nasabah mahasiswa akan mengetahui apa saja yang ada pada perbankan syariah.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar