• COMICS 4 : Efektivitas Kebijakan Pengelolaan Dana Daerah Terhadap Infrastruktur


     

      KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. COMICS yang ke-4 kali ini dilaksanakan pada hari Jum"at, 16 Juni 2023 dengan mengangkat tema “Efektivitas Kebijakan Pengelolaan Dana Daerah Terhadap Infrastruktur” kegiatan ini dilaksanakan secara offline/luring di Pojok Syarah pada pukul 09.00 WIB.

     Kegiatan Comics kali ini dijalankan secara luring setelah sekian lama dilaksanakan secara daring, sehingga diskusi yang dilakukan mendapat antusias lebih dan acara terasa lebih ramai. 




            Pada diskusi kali ini kita membahas tentang efektivitas kebijakan pengelolaan dana daerah terhadap infrastruktur, ada kelompok yang mempunyai opini bahwa pengelolaan dana daerah untuk pembangunan infrastruktur jalan belum terlalu efektif, karena dalam pelaksanaan kebijakan-kebijakan tersebut masih mengalami masalah terkait aturan dana.

            Tapi ada juga yang beropini pengelolaan dana daerah yang digunakan untuk infrastruktur jalan sudah efektif dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah). Contohnya dari perkembangan infrastruktur yang terlihat di daerah Kabupaten Kediri yaitu pengelolaan dana terhadap pembangunan jalan sudah cukup bagus dan memadai untuk digunakan masyarakat. 

            Konsep pengelolaan dana daerah dalam pembangunan infrastruktur jalan yang sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam dikenal sebagai pembiayaan infrastruktur berbasis syariah, yaitu: 
    Dana yang digunakan harus berasal dari sumber yang halal dan sesuai dengan prinsip syariah, dana yang digunakan harus digunakan untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan, dana yang digunakan harus tidak merugikan hak-hak orang lain atau masyarakat, dana yang digunakan harus tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat, penggunaan dana harus transparan dan akuntabel.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar