• SERIES 1 : Strategi Pengelolaan ZISWAF sebagai Solusi Pengentasan Permasalahan Perekonomian di Indonesia

     


    KSEI EKSYS FEB UNESA menyelenggarakan Sharia Economic Seminar International KSEI EkSys (SERIES) pertama pada hari Sabtu, 13 Mei 2023yang dilakukan secara daring menggunakan media zoom meeting  dengan mengangkat topik “Strategi Pengelolaan ZISWAF sebagai Solusi Pengentasan Permasalahan Perekonomian di Indonesia” Pemateri yang dihadirkan yakni, Bpk. Iqbal Farabi Anas (Direktur LAZ DAU Sidoarjo).

     


    Pembukaan pertama dilakukan oleh ketua pelaksana SERIES yakni Desnita Dwireni yang berkata, “Saya berharap dengan mengikuti SERIES ini, hadirin peserta bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang fresh”. Selanjutnya sambutan diteruskan oleh Sbastian Fajar Febrianto selaku ketua umum KSEI EKSYS FEB UNESA, lalu dilanjutkan pula oleh selaku Pembina KSEI EKSYS FEB UNESA.

    Sekitar pukul 09.30 acara inti yaitu penyampaian materi oleh Bapak Iqbal Farabi Anas selaku dimulai Direktur LAZ DAU Sidoarjo.

    Zakat merupakan bagian hak Allah SWT. yang diberikan oleh manusia kepada orang-orang miskin, dimana zakat ini mempunyai beberapa syarat yaitu mempunyai kepemilikan yang utuh dan bisa berkembang, mencapai nishab dan haul dalam satu tahun dan juga terbebas dari hutang. Infaq yaitu mengeluarkan sebagian harta atau penghasilan untuk kepentingan yang diperintahkan oleh agama islam.

    Menurut peraturan BAZNAS No. 2 tahun 2016, Sedekah merupakan harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha untuk kemaslahatan umum. Sedangkan wakaf yaitu Perbuatan hukum yang bertujuan untuk memisahkan atau menyerahkan sebagian harta benda untuk dimanfaatkan dalam jangka waktu tertentu yang sesuai dengan kepentingan yang digunakan untuk kepentingan ibadah atau kesejahteraan umum menurut syariah.

    Investasi merupakan keyakinan bahwa manusia atau investor, semua yang diinvestasikan, keuntungan, kerugian yang di dalamnya ialah kepunyaan Tuhan. Investasi mempunyai 2 jenis, yaitu investasi langsung dan juga investasi tidak langsung.



  • 0 komentar:

    Posting Komentar