• COMICS 3 : Menuju Ekonomi Hijau yang Berkelanjuta : Peran Mahasiswa dalam Membangun Ekonomi Syariah yang Ramah Lingkungan

     


     KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. COMICS yang ke-3 kali ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Mei 2023 dengan tema “Menuju Ekonomi Hijau yang Berkelanjuta : Peran Mahasiswa dalam Membangun Ekonomi Syariah yang Ramah Lingkungan” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 09.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan yakni Bapak Drs. Mohammad Taufiq SE. Beliau merupakan Internet Marketer, Dosen Entrepeneurship STIS Sentra Bisnis Islami Surabaya (STIS SBI Surabaya), Pendiri STIS SBI Surabaya, Pengurus BAZ (Badan Amil Zakat) Pemkot Surabaya, Pengurus IIBF (indonesian Islamic Business Forum) Jatim, Pengurus Yayasan Masjid Mujahidin Bidang Usaha, Owner "Great Life Entrepeneur School", Owner Raja Truk dan Top Translog Indo, Pembina Yayasan Mutiara Islam Unggul, dan Pembina BAWAKIS (Badan Wakaf Infaq Shodaqah Al-Qur'an Tahfidh). Pendidikan beliau yaitu S1 IKIP Surabaya Prodi Matematika dan S2 IAIN Sunan Ampel Surabaya Prodi Ekonomi Islam.


    Islam memiliki konsep ekonomi yang ramah lingkungan atau yang lebih dikenal sebagai konsep ekonomi hijau. Prinsip dasar konsep ekonomi hijau dalam Islam yaitu Tauhid (Monotheism) dan Ketaqwaan (piety), Menghormati lingkungan hidup dan ekosistem, Seimbangnya penggunaan sumber daya dll. Para mahasiswa ekonomi syariah mempunyai peran dalam menggerakkan ekonomi hijau yaitu dengan memperkenalkan konsep ekonomi hijau kepada masyarakat salah satunya dengan cara melakukan kegiatan seminar, lalu melakukan riset dan inovasi untuk menunjang ekonomi hijau salah satunya dengan cara menciptakan ide usaha yang berbasis ekonomi hijau.


    Dalam konsep ekonomi hijau dalam Islam, bisnis harus beroperasi secara bertanggung jawab dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan sekitar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan merancang dan menerapkan solusi yang dapat mengurangi limbah dan emisi, meningkatkan efisiensi energi, dan mempromosikan kesadaran lingkungan. Ekonomi hijau menjadi sebuah strategi ekonomi yang dapat memperkuat nilai-nilai Islam dan memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan global. Dalam hal ini mahasiswa memiliki peran penting dalam membangun ekonomi hijau yang berkelanjutan. Hal ini dikarenakan mahasiswa sebagai generasi muda memiliki kepekaan akan pentingnya menjaga lingkungan dan keseimbangan sosial.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar