• COMICS 2 : Optimalisasi Zakat sebagai Solusi Penguatan Ekonomi Umat di Era Society 5.0



     KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. COMICS yang ke-2 kali ini dilaksanakan pada hari Minggu, 16 April 2023 dengan mengangkat tema “Optimalisasi Zakat sebagai Solusi Penguatan Ekonomi Umat di Era Society 5.0” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 08.00 WIB.


    Zakat merupakan salah satu pilar utama dalam sistem ekonomi islam, sedangkan Society 5.0 ialah istilah yang merujuk pada era teknologi dan inofasi yang digunakan untuk mencapai kemajuan sosial dan ekonomi yang lebih baik. Dalam zakat optimalisasinya dalam bentuk memberikan pelatihan untuk mereka yang berhak menerima zakat lalu dimanfaatkan untuk membuka sebuah usaha.


    Jika zakat dapat dioptimalkan, maka implikasi zakat dalam kehidupan sosial akan mudah tercapai. Selain pengoptimalan zakat sebagai penguatan ekonomi umat, zakat juga bisa menjaga dan membentengi harta kita.

    Pembayaran zakat oleh masyarakat muslim dan pembayaran pajak oleh masyarakat non – muslim tidak dapat diimplementasikan di negara ini. Karena zakat tidak bisa di pajakkan, dan pajak juga tidak bisa di zakatkan, tapi zakat yang dibayarkan di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bisa dijadikan sebagai pengurang pajak. Pajak dan zakat memiliki fungsi yang berbeda namun memiliki kepentingan yang sama yaitu untuk masyarakat. Zakat hanya diperuntukkan untuk umat Islam dan zakat itu secara adil dan untuk menyejahterakan masyarakat.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar