• COMICS 1: Hukum Penggunaan Voucher Free Ongkir dan Cashback dengan Syarat Pembayaran Melalui E-Wallet dalam Perspektif Islam

     


    KSEI EKSYS FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion)  yang dilaksanakan rutin yaitu satu bulan sekali. Comics yang pertama ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 dengan mengangkat tema "Hukun Penggunaan Voucher Free Ongkir dan Cashback dengan Syarat Pembayaran Melalui E-Wallet dalam Perspektif Islam". Kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 08.00 WIB.



    Seperti yang kita tahu pada zaman sekarang kebanyakan orang yang mencari barang yang berkualitas namun dengan harga yang minim, khususnya bagi mahasiswa. Solusi yang banyak dicari yait berbelanja melalui aplikasi online yaitu ke e-commerce. Dalam jual beli sering kali kita mengenal/memperoleh voucher berupa cashback ataupun gratis ongkir. 


    • Kesimpulan Tim Pro

    Voucher free ongkir atau cashback dari e-wallet bergantung kepada akad yang digunakan oleh e-wallet tersebut. Jika menggunakan akad wadi'ah boleh saja digunakan karena tidak menyebabkan riba'. jika e-wallet tersebut menggunakan akad qardh, maka diskon atau cashback tidak diperbolehkan karena akan mengakibatkan riba'. Menurut DSN MUI e-Money dan e-Wallet termasuk ke dalam Wadhi’ah yad adh-Dhamanah, di mana uang tersebut hanya dititipkan kepada si pemberi jasa yang bisa diambil kapan saja tanpa mengurangi nilai uang itu sendiri. Maka hal tersebut diperbolehkan dalam Islam selama di dalamnya tidak terdapat unsur bunga dan riba.

     

    • Kesimpulan Tim Kontra

    topik yang diangkat pada diskusi kali ini ketika cashback dan gratis ongkir ini diberikan dengan syarat menggunakan salah satu e-wallet. Maka mengambil cashback atau voucher gratis ongkos kirim ini tidak diperbolehkan dan terlarang, karena pada hakikatnya kita telah meminjamkan uang (menabung) di pembayaran elektronik tersebut dengan melakukan akad dengan pihak marketplace. Maka inilah riba sebagaimana uang yang disetor (tabung) ke Bank juga akan ada bonus yang menanti akibat transaksi utang piutang tersebut.

     

    • Kesimpulan

    Penggunaan voucher free ongkir dan cashback mempunyai dua hukum, Ketika voucher gratis ongkir dan cashback tidak mensyaratkan poin tertentu, maka hal ini dibolehkan. Begitu juga sebaliknya, ketika cashback dan gratis ongkir ini diberikan dengan menggunakan syarat. Maka mengambil cashback atau voucher gratis ongkir ini tidak diperbolehkan dan terlarang, karena pada hakikatnya kita telah meminjamkan uang (menabung) di pembayaran elektronik tersebut dengan melakukan akad dengan pihak marketplace.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar