• COMICS 7 : Pengurangan Subsidi BBM; Dampak Pasar dan Pemulihan Ekonomi (COMICS x Ruang Dialektika)

     



     KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) X Ruang Dialektika yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 dengan mengangkat tema “Pengurangan Subsidi BBM: Dampak Pasar dan Pemulihan Ekonomi” kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pada pukul 09.00 WIB - selesai. Pematik diskusi untuk kegiatan ini adalah Amaliatus Sholihah (Sekretaris Regional 2 FoSSEI Jawa Timur)

    Latar Belakang kenaikan BBM yakni karena pemerintah melihat bahwa subsidi BBM membebani APBN dan seolah tidak tepat sasaran. Selain itu kemarin PBB melakukan suatu perkumpulan dan mendapatkan report. Membahas tentang perang Ukraina dan Rusia. Hal itu memicu dalam semua negara yaitu adanya ekonomi yang buruk di tiap negara. Dan kenaikan bahan bakar energi atau bahan bakar minyak di seluruh dunia. Selanjutnya yaitu krisis pangan atau kenaikan harga pangan.

    Bagaimana peran ekonomi syariah terhadap kenaikan BBM ini akan ditingkatkan oleh negara Indonesia? 
    Dari permasalahannya itu seharusnya pemerintah punya peran sendiri dan harus seperti itu. Dari segi pemerintah kalau pemerintah tidak dipercaya tidak ada yang mendukung pemerintah, maka pemerintah akan tidak mendapatkan respon. Dari masyarakat ekonomi syariah banyak sorotan dan dapat membuat banyak orang tidak percaya. Utility function : fungsi dari kepuasan. Bufget constraint : kendala anggaran. Solusinya masih belum ada sampai sekarang. Dan diharapkan ada perubahan atau gerakan.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar