• Comics 6 : Kontribusi Ekonomi Syariah dalam Mendukung Tujuan SDGs Indonesia Emas 2045

     


        KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. COMICS yang ke-6 kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 dengan mengangkat tema “Kontribusi Ekonomi Syariah dalam Mendukung Tujuan SDGs Indonesia Emas 2045” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 09.00 WIB. Konsep COMICS kali ini membagi fungsionaris KSEI menjadi 2 tim dan berada pada breakout room yang berbeda antara Tim 1 dan Tim 2 untuk berdiskusi lebih aktif lagi di dalam room tersebut dan diakhiri dengan penyampain kesimpulan oleh masing-masing leader tim.


    Kesimpulan tim 1 

        Dari berbagai opini yang dijelaskan dapat disimpulkan dimana sdgs ini pembangunan berkelanjutan yang urgent dilaksanakan karena untuk membangun indonesia lebih maju terbebas dari kemiskinan, kelaparan, ketimpangan antar negara, dan lain sebagainya, ekonomi syariah juga mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kemajuan SDGs Indonesia Emas 2045, kemajuan tersebut juga mendapat dukungan melalui poin-poin penting terkait penerapan ekonomi syariah terhadap kemajuannya, hambatanpun juga terus menerus datang akan tetapi pemerintah mempunyai peran untuk membantu memulihkan kondisi perekonomian, dan kita sebagai genarasi penerus juga bisa mengantisipasi hambatan yg terjadi dengan menanamkan pengetahuan mengenai ekonomi syariah dan menjadi SDM unggul di generasi selanjutnya.


    Kesimpulan tim 2

        Perlu diketahui sdgs ini untuk mendukung indonesia maju di 2045. Dalam ekonomi islam memiliki berbagai prinsip. Potensi dalam perannya dalam tujuan nasional. Poin - poin nya yaitu melalui perentasan kemiskinan dan juga dapat melalui lembaga dapat membantu masyarakat, green sukuk dan bisa melalui waqaf pohon. Hambatannya Tentunya Kurangnya literasi masyarakat kita sebagai generasi emas harus mengedukasi sesama satu sama lain dan menerapkan ekonomi islam dan menentukan tujuan diri sendiri. Masyarakat sering memandang dengan bagi hasil ini sama dengan sistem bunga ini kembali ke literasi masyarakat


  • 0 komentar:

    Posting Komentar