• SERIES 2 : Optimalisasi Industri Halal Menuju Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Islam Global

     


        KSEI EkSys FEB UNESA menyelenggarakan Sharia Economic Seminar National KSEI EkSys (SERIES) ke dua pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 yang dilakukan secara daring menggunakan media zoom meeting dengan mengangkat topik Optimalisasi Industri Halal Menuju Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Islam Global Pemateri yang dihadirkan yakni, Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc., MEI. (Sekretaris II IAEI Jatim) dan   Ir. Adiwarman Azwar Karim, SE., MBA., MAEP (Komisaris Utama BSI).


        Industri halal berkaitan dengan Halal Value Chain yakni rangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai tambah, pada setiap proses yang meliputi produksi, distribusi, dan pemasaran barang/jasa hingga sampai ke konsumen sesuai dengan prinsip syariah.


        Ekonomi syariah bukan masalah agama, tapi sudah suatu trend global. Bahkan negara minority mengembangkan itu. Indonesia merupakan pemasok no. 6 namun menjadi konsumen no. 1 produk halal.



        Status Indonesia saat ini bisa diibaratkan menanam pohon jadi masih perlu proses, sehingga kita sebagai pemuda harus berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi islam yang seperti pohon ini agar tumbuh subur, sehingga kita bisa panen bersama-sama nantinya.


        Generasi muda masih memiliki banyak kesempatan untuk memperjuangkan industri halal Indonesia. Habiskan jatah kegagalan di masa muda, bergeraklah saat ini agar tahu peluangnya dimana dan kegagalan itu seperti apa serta rasanya seperti apa sehingga nantinya akan siap untuk sukses.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar