• INVESSION 1: Mekanisme Jual Beli Dan Akad Dalam Perspektif Islam



        KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan INVESSION (Investment Discussion) yang pertama dan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 dengan mengangkat tema “Mekanisme Jual Beli dan Akad dalam Perspektif Islam” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 09.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan yakni Derry Yustria SE.,MBA. (Specialist Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia).

        Apa itu investasi? Kenapa investasi?
        Investasi di sektor keuangan adalah transaksi jual beli aset keuangan untuk memperoleh keuntungan. Investasi sangat diperluakan untuk berjaga-jaga di masa depan seperti inflasi, peningkatan nilai kekayaan, ketidakpastian di masa yang akan datang, mencukupi kebutuhan, dan merealisasikan keinginan.

        Pasar Modal Syariah adalah seluruh aktivitas di pasar modal yang memenuhi prinsip Islam. Terdapat dua faktor utama yang membentuk Pasar Modal Syariah yaitu pasar modal dan prinsip islam di Pasar Modal. Dengan demikian, suatu pasar modal dikatakan memenuhi prinsip Islam apabila pelaku pasar, mekanisme transaksi, infrastruktur pasar dan Efek yang ditransakskan telah memenuhi prinsip-prinsip Islam di pasar modal.

        Prinsip dasar transaksi syariah yakni dengan adanya kebebasan membuat kontrak berdasarkan kesepakatan bersama (tijaratan`an taradhin minkum) dan kewajiban memenuhi akad (aqd), adanya pelarangan dan penghindaran terhadap riba (bunga), maysir (judi) dan gharar (ketidakjelasan), serta adanya etika (ahlak) dalam melakukan transaksi seperti dokumentasi (perjanjian/akad tertulis) untuk transaksi tidak tunai.

        Investasi saham adalah membeli perusahaan yang sahamnya tercatat di BEI. Untuk saat ini, diharapkan grafik peminat investasi antara wanita dan pria seimbang karena wanita tidak mendominasi adanya investasi padahal wanita yang nantinya akan menjadi pengolah keuangan di rumah tangga.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar