• Mentoring LKTI KSEI EkSys Sesi 2




        Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Mentoring LKTI khusus untuk internal KSEI EkSys FEB UNESA dengan tema "Sukses Berstrategi Menyusun LKTI Agar Menjadi Juara dalam Berkompetisi" pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 secara daring melalui platform zoom. Kegiatan LKTI sesi ke-2 ini dilaksanakan kembali setelah kurang lebih satu bulan seusai sesi 1 berhasil dijalankan dengan lancar. Pemateri yang dihadirkan yakni Muhammad Syihabudin, SE., AWPS.


        Pada sesi kali ini terdapat 3 hal yang menjadi topik yaitu pembahasan yang pertama tentang struktur penulisan karya tulis ilmiah, dilanjutkan mengenai pedoman penulisan, hingga tips mempresentasikan karya tulis ilmiah untuk lomba. 


        KTI mempunyai beberapa struktur dan juga Metodologi penelitian yang terdiri dari 2 metode yakni kuantitatuf dan juga kualitatif yang nantinya akan disesuaikan dengan KTI yang dibuat. KTI diakhiri dengan  penutup yang terdiri dari kesimpulan juga saran berisi harapan kedepan. Dalam sebuah penulisan terdapat beberapa hal yang melanggar kode etik. Dalam penulisan KTI boleh mengambil dari data yang lain namun harus menggunakan kutipan yang benar dan sumber yang jelas. Presentasi penulisan yang baik hendaknya melakukan beberapa persiapan diantaranya pembukaan yang menarik, gerak tubuh, desain slide, kuasai isi presentasi, latihan dengan orang yang lebih profesional dan juga diakhiri dengan evaluasi.


      Terkait dengan kepenulisan jangan pernah berhenti belajar, kalau bosan cari hal-hal yang menyenangkan. Karya tulis ini membosankan, jadi perlu juga mencari hal yang menyenangkan. Jadilah orang yang minimal harus bisa tulis 1 karya tulis yang bisa dikenal atau dinikmati diri sendiri atau orang lain. Contoh ada orang orang yang hebat karena sebuah tulisan. Tulisan bisa menjadi karya yang dikenang setidaknya 1 seumur hidup dan pencapaian yang berharga.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar