• Comics 3: Mari Mengenal Wakaf Saham


        KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. COMICS yang ke-3 kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Mei 2022 dengan mengangkat tema “Mari Mengenal Wakaf Saham” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 09.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan yakni Ibnu Affan (Demisioner KSEI  EKSYS FEB UNESA).


        Wakaf merupakan pemberian suatu harga dari milik pribadi menjadi kepentingan bersama untuk selamanya atau jangka tertentu sehingga kegunaannya diraasakan oleh masyarakat luas tanpa mengurangi nilai harta tersebut. Saham yakni bukti atau bagian kepemilikan suatu perusahaan yang artinya jika kita memiliki saham maka kita memiliki kepemilikan perusahaan tersebut. Sedangkan wakaf saham adalah  jenis waqaf produktif yang berupa asset bergerak yakni saham.


        

        Di Indonesia pengelolaan wakaf saham sendiri sudah efektif tapi dari segi medianya kurangnya pemahaman tentang wakaf sehingga diperlukan lembaga tentang wakaf supaya bisa disosialisasikan lagi lewat media sosial dan diedukasi lewat generasi muda.


        Apakah wakaf saham secara langsung dapat memengaruhi perekonomian Indonesia? Jawabannya yakni bisa iya dan bisa tidak tergantung kebijakannya. Dalam kebijakan langsung harus bisa mendefinisikan berdampak ke makro seperti suku bunga lebih sistemik dan itu butuh waktu lama. Namun, dalam kebijakan tidak langsung waqaf saham lebih kepada kesejahteraan diri bukan menghimpun tapi menyalurkan kepada masyarakat yang butuh.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar