• Comics 2 : Shopeepaylater dalam Perspektif Islam

     


        KSEI EkSys FEB Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan COMICS (Islamic Economic Discussion) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. COMICS yang ke-2 kali ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 April 2022 dan berkolaborasi dengan Amanah Adil Sharia Center (AASC) bertema “Shopeepaylater dalam Prespektif Islam” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom pada pukul 09.00 WIB. Pemateri yang dihadirkan yakni Ust. Rachmad Risky K, SEI., M.M., Ph.D. (Komisioner Lembaga AASC).




        Pinjaman online lebih umum dibandingkan dengan fintech, hal tersebut mempunyai niat awal menjembatani masyarakat yang suit mendapatkan akses pendapatan normal. OJK menyatakan bahwa paylater dapat disamakan dengan kartu kredit, yakni untuk mempemudah pembayaran. Namun, keberadaan paylater juga ada sisi negatifnya yaitu, membuat masyarakat lebih konsumtif dengan menyebabkan masyarakat membeli sesuatu lebih besar dari pendapatan.


        Sistem Shopee Paylater ini mirip dengan kartu kredit, tapi dengan bunga yang lebih minim dan syarat serta cara mengaktifkan Shopee Paylater yang jauh lebih mudah. Dengan Shopee Paylater, pengguna dapat menikmati pinjaman dengan bayar di bulan berikutnya atau menyicil pembayaran sebanyak 3 kali, 6 kali, dan 12 kali. Adapun tanggal jatuh tempo pembayaran Shopee Paylater pada tanggal 5, 11, atau 25 tiap bulannya. Beberapa syarat untuk bisa menggunakan Shopee Paylater: Akun Shopee terdaftar dan terverifikasi. Akun sudah berusia minimal tiga bulan. Sering digunakan untuk bertransaksi.


        Akad yang digunakan yakni paylater yang artinya membayar kemudian. Dalam syariah ada akad dain yang artinya hutang akibat dari adanya transaksi jual beli. Paylater boleh digunakan untuk segala jenis hutang baik dan memang dibutuhkan. Ketika tidak ada pilihan lain maka dapat menggunakan paylater untuk memenuhi kebutuhan. Namun, kita tetap harus pintar memilah mana kebutuhan dan keinginan sehingga belanja cerdas sangat diperlukan.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar