• Mentoring LKTI KSEI EkSys Sesi 1

     


        Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Mentoring LKTI khusus untuk internal KSEI EkSys FEB UNESA dengan tema "Sukses Berstrategi Menyusun LKTI Agar Menjadi Juara dalam Berkompetisi" pada hari Sabtu, 23 April 2022 secara daring melalui platform zoom. Mentoring LKTI merupakan kegiatan baru di KSEI EkSys yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para fungsionaris dalam bidang menulis karya ilmiah dengan output dapat mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

        Karya tulis ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai suatu hal atau suatu masalah (Yes skripsi, No Buku). Karya tulis ilmiah dapat menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis dan disajikan secara objektif dan jujur dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta, teori, dan bukti-bukti lainnya. Hal ini didapatkan di internet, jurnal ilmiah, dan dapat mengutip KTI lain dan dipharafase.

        Tips and trik untuk ide karya tulis ilmiah tidak harus out of the box, poinnya ada di rumusan masalah dan disesuaikan dengan solusi yang ditawarkan mengenai masalah ini, contoh: tentang pertanian, lalu misalkan masalahnya yakni di Indramayu penghasil padi terbesar tetapi masyarakatnya pengkonsumsi terbesar beras raskin. Maka dicari apa yang mendasari hal tersebut. Nah solusinya bisa dikaitkan dengan teknologi mengenai bagaimana teknologi bisa membantu penjualan maupun sejenisnya. Ketika belum menemukan ide, usahakan diskusi dengan orang yang sefrekuensi dan memahami topik tersebut agar mendapat solusi yang cocok. 

        Ketika ingin menulis, jangan menulis di waktu luang, tetapi luangkanlah waktu untuk menulis. Niatkanlah menulis ini untuk belajar, karena ketika niat kita sudah benar maka belajar menulis akan maksimal. Setiap orang pasti ada fase bosan, ketika kita berada ditahap tersebut carilah hal yang dapat membuat seseorang tersebut merasa senang.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar