• Kajian Srikandi 3


            Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan
     Kajian Srikandi. Kegiatan yang di selenggarakan pada Sabtu 9 Oktober 2021 ini mengangkat tema “Peran Serta Wanita Dalam Perekonomian Islam Di Indonesia". Kegiatan ini dilaksanakan secara daring via Google Meet pada pukul 09.00 WIB. Kajian Srikandi merupakan kegiatan diskusi mengenai tata kelola keuangan secara syariah yang dihadiri oleh umum khusus akhwat. Pemateri pada diskusi kali ini adalah kak Evi Aninatin Ni'matul Choiriyah yang merupakan Sekretaris Kementerian Perdagangan, Bapernas Keilmuan Fossei 2019/2020 dan dimoderatori oleh Daffa Eka Septianda.

           Wanita merupakan makhluk yang memiliki sifat lemah lembut dan terkesan mengayomi serta mengatur tiap seluk beluk keluarga, terutama dalam hal ekonomi. Wanita tidak hanya sebagai ibu, namun juga sebagai pengatur keuangan keluarga yang baik, memiliki sifat teliti dan berhati-hati dalam segala tindakan. 
     
         Maka tidak heran jika materi kajian srikandi kali ini mengangkat tema "Peran Serta Wanita Dalam Perekonomian Islam Di Indonesia". Di Indonesia sendiri terdapat beberapa wanita tokoh ekonomi islam, diantaranya ada ibu Sri Mulayani Indrawati yang merupakan ketua IAEI, Murniati Mukhlisin (Founder Sakinah Finance, serta Dian Masyita (Guru Besar Ekonomi Islam).

          Dengan hal tersebut, dapat menjadi motivasi bahwa wanita dapat berkontribusi dalam berbagai bidang ekonomi, yakni akademisi, pengusaha, profesional, hingga pemerintahan.

          Diharap dengan adanya kajian ini, dapat menambah pengetahuan serta motivasi bagi para muslimah untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengatur ekonomi serta menambah pengetahuan lebih tentang peran wanita dalam perekonomian islam.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar