• Kajian Srikandi 2

        Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan Kajian Srikandi. Kegiatan yang di selenggarakan pada Minggu 7 Agustus  2021 ini mengangkat tema “Yuk Lihat Caraku Bermuamalah". Kegiatan ini dilaksanakan secara daring via Google Meet pada pukul 09.00 WIB. Kajian Srikandi merupakan kegiatan diskusi mengenai tata kelola keuangan secara syariah yang dihadiri oleh umum khusus akhwat. Pemateri pada diskusi kali ini adalah kak Hidayatul Azqia, AWP yang merupakan founder Muslimahfinlit  dan dimoderatori oleh Ika Rahayu

          

         Dalam kajian tersebut membahas mengenai rukun dan syarat jual beli serta berbagai jenis transaksi yang diperbolehkan dalam fiqh. Diantara materi yang dibahas yakni tentang prinsip bermuamalah, Syarat Al Aqid (subjek), syarat ma'qud alaih (objek), serta membahas mengenai apa saja hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam transaksi. Misal hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam transaksi adalah terdapat unsur riba, gharar (ketidakpastian), maysir (perjudian), penipuan, Risywah (suap), dan zholim.

     

     
         Dengan adanya kajian ini, diharapkan para wanita muslimah dapat memiliki bekal dan pengetahuan yang bertambah tentang tata cara bertransaksi yang diperbolehkan dalam fiqh. Sebab dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak kita temui transaksi yang sebenarnya tidak diperbolehkan, dan sebagai pembelajaran dalam berbisnis agar dapat berlaku adil dan bertanggung jawab terhadap pembeli ataupun produk yang dijual.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar