• MIRACLE 4 KSEI EkSys


            Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan MIRACLE (Sharia Economic Learning Circle) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. MIRACLE (Sharia Economic Learning Circle) kali ini (Sabtu, 26 Juni 2021) merupakan kegiatan Miracle yang keempat pada periode 2021 dengan tema “Dewasa Menanggapi dan Menyuarakan Opini dengan Menulis” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via google meet pada pukul 09.00-11.00 WIB. Kegiatan ini berupa pelatihan kepenulisan essai khusus untuk anggota KSEI, diisi dengan pemateri yaitu kak Ratna Tiara Taufiq merupakan Redaktur Bahasa LPK GEMA UNESA.

                Kegiatan tersebut membahas mengenai cara menanggapi dan menyuarakan opini terhadap suatu kejadian dalam bentuk media tulisan. ada 3 pokok materi yang dibahas yakni dewasa menanggapi isu, dewasa membuat opini, dan dewasa menyebarkan opini. yang disingkat menjadi 3M.

            Sedikit notulensi dari kegiatan tersebut adalah dalam menanggapi suatu isu janganlah kita hanya mencerna opini dari satu sumber saja, melainkan perlu mencari lebih banyak lagi sumber yang lain sehingga kita dapat menyimpulkan tentang isu yang terjadi, dan meyakinkan kita benar atau tidaknya suatu isu. Dalam hal menyebarkan opini pula kita perlu berhati-hati jangan sampai menyebarkan isu yang masih belum jelas faktanya, maka kita harus mencari sumber lain yang memiliki topik pembahasan yang sama sehingga dapat menguatkan adanya isu tersebut.

            Maka dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan khalayak dapat mengolah dan menanggapi isu yang terjadi dengan benar dan terhindar dari perangkap isu hoaks yang kian hari mudah tersebar.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar