• MIRACLE 2 KSEI EkSys

     


            Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan MIRACLE (Sharia Economic Learning Circle) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. MIRACLE (Sharia Economic Learning Circle) kali ini (Sabtu, 17 April 2021) merupakan kegiatan Miracle yang kedua pada periode 2021 dengan tema “Sistematika Kepenulisan Esai dan Kiat Membuat Judul yang Menarik” kegiatan ini dilaksanakan secara daring via google meet pada pukul 09.00-10.45 WIB. Kegiatan ini berupa pelatihan kepenulisan essai khusus untuk anggota KSEI, diisi dengan pemateri yaitu kak Nana Sofiana merupakan demisioner KSEI Eksys FEB UNESA 2020


          Esay terdiri dari pendahuluan (latar belakang, gagasan kreatif, tujuan dan manfaat), selanjutnya ada isi (gagasan) yang terdiri dari pendapat serta data data yang akurat, serta yang terakhir yakni kesimpulan yang berisi penegasan Sistematika penulisan esay, mulai dari menentukan tema, tujuan penulisan, melakukan riset data, membuat kerangka penulisan hingga menulis dan mengedit Judul yang menarik bisa di dapatkan dengan memahami penulisan, perbanyak referensi dan diskusi konstruktif. Kita bisa menggunakan singkatan, kata asing, yang komprehensif dan efektif Tips dalam menulis esay, kita perlu menyelektif paper, serta memperdalam pemahaman dan yakin atas gagasan yang ditunjukkan dengan manner, metter, serta method yang baik.

            Kesimpulan dari kegiatan diskusi pelatihan penulisan essai tersebut ialah Essai sendiri merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulis dengan kekuatan analisis serta data yang akurat. Jenis dari esay diantaranya berbentuk naratif, argumentatif, dokumentatif, ekspositori, serta yang biasa  digunakan dalam lomba yakni deskriptif.

     

  • 0 komentar:

    Posting Komentar