• KISMIS (Kajian Literasi Ekonomi Islam)

     


              Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan KISMIS (Kajian Ekonomi Islam). Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 18 April 2021 ini mengangkat tema “Implementasi Ekonomi Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring via Google Meet pada pukul 09.00 - 11.10 WIB. KISMIS merupakan kegiatan diskusi mengenai Kajian ekonomi secara syariah yang dihadiri oleh umum. Pemateri pada diskusi kali ini adalah Bapak Dr. Moch. Khoirul Anwar, S.Ag., MEI  yang merupakan dosen S1 Ekonomi Islam UNESA dan dimoderatori oleh Aulia Arum yang  merupakan fungsionaris Departemen PR KSEI Eksys FEB UNESA 2021.

            Dalam kajian ini, membahas mengenai prinsip ekonomi islam yang merupakan jalan lurus dalam pertumbuhan ekonomi. Ekonomi islam adalah Ekonomi Kemanusiaan, yakni Ekonomi yang erat dengan kemanusiaan. Ekonomi islam mengajarkan untuk menerapkan ekonomi islam Rahmatan lilahilalamin, ayat ini menjelaskan kepada kita secara umum bahwa membelanjakan  harta kita jangan melupakan orang tua, kerabat, anak yatim karena  ekonomi islam bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

              Di dalam Al- Qur’an dan Al-hadist banyak ayat Rahmatan lil alamin. Secara sederhana Rahmatan lil alamin artinya agama yang penuh kasih dan sayang. Islam sejak awal menegaskan ajaran rahmatan lil alamin tersebut. Rasa kasih sayang sudah dicontohkan dan sangat melakat pada Rasulullah, dengan kasih sayang ini banyak umat muslim yang menghormati dan menyukainya. Ekonomi islam mengajarkan untuk menerapkan ekonomi islam Rahmatan lilahilalamin, ayat ini menjelaskan kepada kita secara umum bahwa membelanjakan  harta kita jangan melupakan orang tua, kerabat, anak yatim karena  ekonomi islam bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Ada nilai nilai kemanusiaan dalam ekonomi islam. Seperti halnya penerapan zakat,infaq,shadaqah. Inilah wujud rahmatan lil alamin yang dapat dirasakan oleh semua umat

  • 0 komentar:

    Posting Komentar