• Kajian Srikandi


            Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan kegiatan Kajian Srikandi. Kegiatan yang di selenggarakan pada Minggu 9 April 2021 ini mengangkat tema “FINANCIAL PLANNER : DEAR CALON MENTERI KEUANGAN KELUARGA”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring via Google Meet pada pukul 09.00 WIB. Kajian Srikandi merupakan kegiatan diskusi mengenai tata kelola keuangan secara syariah yang dihadiri oleh umum khusus akhwat. Pemateri pada diskusi kali ini adalah kak Siti Rahmah Hanifa, S.E yang merupakan penulis buku 24 things dan dimoderatori oleh Ika Rahayu

            Dalam kajian tersebut membahas mengenai dasar-dasar dalam mengatur atau manajemen keuangan keluarga dalam islam. diantara materi yang dibahas yakni tentang prinsip manajemen, aturan pembelanjaan, dan metode pengaturan keuangan. pada bab aturan pembelanjaan, membahas tentang Komitmen pembelanjaan dan pemenuhan kebutuhan dana adalah kewajiban suami, Kewajiban menafkahi orang tua yang membutuhkan, Istri boleh membantu keuangan suami, Istri bertanggungjawab mengatur keuangan rumah tangga, Bersepakat untuk hidup hemat dan ekonomis, Seimbang antara pendapatan dan pengeluaran yang bermanfaat, Skala prioritas pengeluaran (needs vs wants).

            Dengan adanya kajian ini, diharapkan para wanita muslimah dapat memiliki bekal dan pengetahuan yang bertambah tentang keuangan rumah tangga. Sebab kepercayaan suami yang telah diberikan kepada  istrinya merupakan amanah yang harus dijaga dengan baik, demikian dalam hal mengatur keuangan keluarga.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar