• Kajian Online Muslimah Melek Keuangan Syariah


    Minggu, 16 Agustus 2020. KSEI EkSys Unesa adakan Kajian Online Srikandi EkSys Unesa (KAOS KAIS) dengan tema "Muslimah Melek Keuangan Syariah". Pemateri pada kajian srikandi kali ini adalah Hidayatul Azqia yang merupakan founder dan inisiator Muslimahfinlit serta Duta Inklusi Keuanagan Indonesia 2019. Kajian diadakan via whatsapp group, dimulai pukul 19.15 sampai selesai. Acara ini berjalan dengan hikmat. 


    Berikut merupakatn notulensi dari kajian online srikandi:


    Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia , namun tingkat inklusi dan literasi keuangan syariah di Indonesia hanya sebesr 9% dan 8.9% sangat jauh tertinggal dari keuangan konvensional sebesar 76% dan 38% (OJK). Muslimah adalah pemangku peran utama dalam memanage keuangan terkhususnya di dalam rumah tangga, juga yang akan memastikan kehalalan rezeki yang masuk kedalam tubuh keluarga dan ibu yang akan mendidik anak-anakya kelak yang harus faham dengan masalah keuangan agar dapat melahirkan generasi yang kuat secara ekonomi.


    Berdasarkan perintah allah dalam Qur’an surah An-nisa ayat 9 “Dan hendak takut kepada Allah orang-orang yang seandainya mennggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah yang merka khawatir terhadap (kesehjatraan) mereka...”.


    Financial plane adalah sebuah proses yang terintegrasi untuk mencapai rencan tujuan dalam hidup, tujuan jangka pendek seperti pengeluaran tiap bulan dan jangka panjang seperti dalam 5 tahun yang akan merencanakan membeli mobil.


    Cara membut financial plane yaitu memisahkan kuangan menjadi investment, income, dan expense. Pertama pendapatan dibagi 2 yaitu pendapatan tetap yang didapatkan secara periode dengan jumah konstan (gaji bulanan) dan pendapatan tidak tetap yang jumlahnya berubah-ubah (pendapatan berbisnis).

     

    Mengapa financial plane penting:

    - Untuk mewujudkan mimpi

    - Generasi penerus kita hidup sejahtera

    - Akhir bulan nggak makan mie instan

    - Financial freedoom

    - Ketika meninggal tidak meninggalkan hutang


    Dana darurat yang dapat dicairkan saat keadaan darurat seperti Menabung dan Investasi, kenapa penting pertama jika keadaan darurat belum tentu ada kerabat yang mau meminjamkan ketika sedang membutuhkan, kedua ketika kita butuh lintah darat meminta bunga tinggi, ketiga perlu waktu untuk meminjam sana sini. Dalam islam kredit kredit konsumtif sangat tidak dianjurkan  karena hawa nafsu. Dan asuransi sangat penting dilakukan karena kita tidak dapat mengindari kecelakaan.

     

    Tips:

    - Selalu pisahkan tabungan kalian diawal bulan

    - Investasikan secara teratur, jangan panik jika nilainya menurun

    - Kontrol pengeluaran tip hari

    - Review secara teratur


    Remember: Jangan lupa sedekah


    TANYA JAWAB:


    1. Sebagai mahasiswa yangg pas-pasan banget nih aku pengen banget buat Investasi. Tapi gimana ya, bisa dibilang antara pendapatan dan pengeluaran itu pas, ndak ada lebih. Menurut ukhti azqia aku harus gimana? Pendapatan kita setiap bulan itu belum mencapai nishab, apa kita juga wajib banget buat mendahulukan hak Allah?


    JAWABAN:

    Boleh investasi asalkan kebutuhan diri kita terpenuhi terlebih dahulu seperti makan kita, kuota untuk pendidikan, membayar kos. Jika ingin investasi disaat pas-pasan harus mecari ide untuk meningkatkan pendapatan supaya dapat berinvestasi (menjadi reseller, mejadi asisten penelitian dosen, lomba). Jika ingin mendapatkan yang lebih harus melakukan usaha yang lebih. Hak allah yang dimaksud disini yaitu sedekah. Sebagai umat islam berusaha untuk berbagi dengan sesama karena denagn sedekah dapat terhindar dari bahaya dan rezeki kita dilipat gandakan Allah.


    2. Dalam kondisi pandemi gini kan zero income kak, gimana bisa saving apalagi invest kak? Selanjutnya bagaimana dengan kita yang notaben nya mahasiswa dengan pendapatan yang tak menentu dalam menyusun finansial planing kedepannya kak? Apakah setiap bulan terus berganti?


    JAWABAN:

    Kalau belum mampu saving atau investasi jangan dipaksakan. Sangat penting untuk melakukan financial planning meskipun pendapatan tidak menentu. Dengan financial plan kita dapat mengetahui budget yang dikeluarkan berapa. Semisal bulan Agustus berbeda dengan bulan September, bulan Agustus pengeluarannya lebih banyak karena membayar sertifikasi,Biasanya Pola pengeluran selalu berulang setiap bulan, jika budget dengan realisasi tidak sama dihitung selisihya.


    3. Investasi yang bisa dipilih jika standarnya sesuai budget mahasiswa apa? Seperti yang minim resiko melihat kemampuan financial kita masih dari infus ortu Apabila menabung di bank apakah efektif? Karena ada potongan admin juga


    JAWABAN:

    Tabung emas dapat dimulai dengan Rp 10.000, investasi saham yang modal awalnya Rp 100.000, Reza Dana dapat dimulai dengan Rp 100.000, Sugok Negara modal awal Rp  1000.000 dapat membantu negara untuk mengurangi utang, Deposito Bank Syariah minimal Rp 2000.000. Menabung di bank sangat efektif apalagi sekarang dengan akad syariah terutama bank syariah, jika menabung di bank syariah ada akad wadiah tidk dkenai biaya administrasi setiap bulannya setoran awal Rp 100.000 tetapi kita dapat mendapat bonus jika bank mendapatkan keuntungan.